Kamis, 10 Oktober 2013

when acne knocked on my door...

Hai, sekarang aku mau sharing tentang perjalananku bersama musuh utama wanita bernama je-ra-wat. kulit wajahku muluuusssss sekali sejak SD - SMA, bahkan sampe kuliah semester 4. Aku juga ga pernah pake skincare yang muluk-muluk, cuma sebatas pake facial foam, waktu itu ganti-ganti, sempet pake ponds, clean n clear, dll, terus abis mandi pake bedak bayi, kalo inget aku pake pelembab ponds, tapi seringnya sih lupa karena males hahaha. ga ada keluhan apa-apa tentang kulitku, paling cuma komedo aja di daerah hidung dan dahi. oya tipe kulitku normal to oily skin.

suatu hari temenku nawarin sabun beras, katanya bisa dipake buat bersihin komedo dan mencerahkan kulit. aku liat dia pake juga dan kayanya ga ada masalah apa-apa, jadinya aku cobalah beli waktu itu dengan harga 10ribu rupiah sajahhhh. btw penampilan sabun beras thailand itu kaya gini:

sabun beras, credit to kaskus
selama aku pake sabun beras ini emang sih pertama-tama aku aku ngerasa komedo ilang, atau aku emang ga gitu perhatiin sih, sampe munculah jerawat satu persatu di pipiku. fyi sebelumnya pipiku ga pernah ada jerawat sama sekali, kalopun ada paling sehari dua hari kempes sendiri. tapi yang ini engga, jerawatnya besar dan pada akhirnya meninggalkan bekas warna merah. huaaaaaaaaa panik sepanik-paniknya, sedih sesedih-sedihnya, malu semalu-malunya, setiap kemana-mana selalu ditanya kenapa muka jadi jerawatan, sedih banget. aku mulai browsing cari solusi untuk jerawat ini, aku belom mutusin ke dokter karena aku pikir biaya ke dokter lumayan mahal. kenalanlah aku dengan femaledaily.com, lalu disana nemu thread tentang tretinoin untuk sembuhin jerawat, lalu singkat cerita aku beli vitacid, siangnya aku pake sunblock parasol. tapi ternyata aku ga kuat pake itu, semingguan pake itu kulitku rasanya kebakarrrrrr, terus purging juga, entah deh itu purging atau ga cocok, tapi aku takut buat nerusin itu jadilah aku stop. lalu aku akhirnya beli sariayu busa pembersih jerawat, facial foam ini bagus, cocok sama aku, bikin jerawat agak kalem, tapi tetep aja jerawat baru muncul 1-2, tapi ya facial foam sariayu ini recommended buat yang kulitnya awal-awal berjerawat.

karena si sariayu ini lambat prosesnya, aku mutusin buat ke dokter kulit. aku datengin dokter Yesin Lae di Tangerang, dokter ini udah terkenal banget di Tangerang, jadilah aku kunjungin dia. Lokasinya di deket GOR Tangerang. Dokternya baik, ramah, kulitnya bagus sekali, dan pas aku dateng kesana nihhhhh bener aja antri banget, aku nunggu sekitar 1 jam, sampe akhirnya bisa konsultasi. kata dokter kulitku jadi begini pengaruh dari hormon juga yang telat puber (o....em.....ji). lalu dokternya saranin aku untuk facial, facial deh aku untuk pertama kalinya dalam hidup. kesan pertama: SAKITT. BANGETTTT. BANGETTTTTTT. BANGEEETTTTT T____T. belum lagi sampe rumah kaget liat muka merah kaya kepiting rebus, selama 3 hari setelah facial aku diem aja dirumah, ga kuliah, ga keluar rumah, pokoknya dikamar aja. tapi setelah 4 hari jengjenggggggg lukanya ngelotok, dan kulitnya jadi bersih. aku juga pake krim dari dokter yesin, krim pagi ada acne moist extra dan acne gel, krim malemnya pake acne moist extra lagi. facial foam n toner juga dikasih sama dokternya. oya kunjungan pertama aku ke dokter yesin menghabiskan uang kira-kira 500ribu, yahhhh lumayanlahhhhhhhh. facial peeling 120ribu, krimnya rata-rata 70ribu. aku pake krim dokter yesin udah setahun lebih, tapi sejak bulan september kemarin aku mulai stop satu-satu penggunaan obat dokter yesin, bukan karena ga cocok, tapi akunya mulai males, n mau pake krim-krim yang dijual bebas ajahhhh hehehehe. selama pake krim dokter yesin ini, aku ga iritasi sama sekali, ga ada purging, tapi ga menghambat pertumbuhan jerawat baru, jadi tetep aja komedo muncul, makanya aku tetep facial, tapi 3 bulan sekali hahahaha, jadi aku udah pernah 3 kali facial disana, terakhir bulan Mei, sampe sekarang ga pernah facial lagi karena voila komedoku perlahan-lahan mulai hilang, aku harap ini pertanda baik. bekas jerawat yang merah-merah emang memudar, tapi karena ada jerawat baru jadi tetep aja keliatan. dan surprisingly obat dokter yesin ini ga bikin ketergantungan sama sekali. sekarang aku udah lepas semua obatnya, tapi rencana sih pengen beli lagi acne moist extranya aja, soalnya enak pake itu, ga bikin jerawat, muka jadi lembab juga. btw ini nih penampakan dokter yesin

MENNNNNNN MULUS BANGET KANNNNNNNNNNN
So far keadaan kulitku sekarang udah jauhhhhhhh lebih baik daripada tahun lalu yang parah bangettttttt, aku sekarang untuk facial wash pake clean n clear yang fruit essential, beli karena bentuknya lucu -___- hahahaha, dan krimnya aku pake garnier aja nihhh. aku lanjut di postingan selanjutnya yah guysssss :D

2 komentar:

  1. Hai.. mau tanya dr. Yesin lae ini ada perawatan untuk kulit tubuh jg??
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu Jawab, ada kak..
      dari ujung rambut sampe ujung kaki ada

      Hapus